SMPN 1 Tellu LimpoE Mendapat Pujian setelah dikunjungi

08--04-- HL SidrapSidrap, S1TLNews — Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Tellu Limpoe, Kecamatan Tellu Limpoe, Kabupaten Sidrap, mendapat pujian dari tiga utusan daerah, masing-masing Kabupaten Maros, Wajo dan Bantaeng, saat berkunjung ke sekolah tersebut. Empat sistem pengelolaan sekolah yang diterapkan sekolah tersebut, mendapat banyak perhatian. Diantaranya menejemen sekolah, Proses Belajar Mengajar (PBM) yang aktif, peran serta masyarakat (PSM) dan penataan lingkungan sekolah yang baik. Hal ini di kemukakan oleh salah satu peserta studi banding Kepala Sekolah MTs Maros, Ismail SHi, S.Pdi MA, salah satu tim dari rombongan Usaid Prioritas.
“Selain memiliki peningkatan mutu pendidikan yang berkualitas, juga sistem menejemen dalam mengelolah sekolah serta peran masyarakat sangat baik, sehingga mampu untuk menumbuhkembangkan semua peserta didiknya yang berprestasi baik itu tingkat kabupaten, provinsi, bahkan ke tingkat nasional,” paparnya.
Tidak hanya itu, kata Ismail, hal lain yang dikagumi pihaknya yakni, proses belajar mengajarnya menggunakan sistem Moving Class, yakni sistem belajar dimana siswa yang mendatangi guru di kelas.
“Sehingga tidak ada kejenuhan siswa dalam rutinitas belajar,” katanya.
Hal yang sama dikemukakan Saipul Jihat, salah satu penanggung jawab rombongan studi banding. Dia mengaku, banyak hal yang perlu diketahui oleh semua peserta program Usaid Prioritas di SMPN 1 Tellu limpoe, termasuk pengelolaan sampah dan penataan taman yang memberi kesan rindang di sekolah tersebut.
“Peningkatan kedisiplinan siswanya juga sangat baik, karena semua pelajar dilengkapi kartu identitas saat ingin izin keluar dari lingkungan sekolah,” jelasnya.
Hal ini, katanya lagi, mencontohkan pendidikan di sekolah tersebut, tidak lagi perlu diragukan terkait sistem peningkatan mutu prestasi para pelajar yang bersekolah di SMPN 1 Tellu Limpoe ini.
Terpisah, Kepala SMPN 1 Tellu Limpoe, Drs Muslimin M.Si kepada Ajatappareng News mengatakan,  sekolah yang dipimpinnya itu dengan bercirikan konsep moving class.
“Mengacu pada pembelajaran kelas yang berpusat pada anak untuk memberikan lingkungan yang dinamis sesuai dengan mata pelajaran yang ada. Kita siapkan ruang tersendiri untuk masing-masing matapelajaran,” ujarnya.
Menjadi sasaran kunjungan sektor pendidikan, kata Muslimin lagi, tentu memberi motivasi bagi pihaknya untuk meningkatkan prestasi dan keberhasilan yang telah diraih saat ini.
“Agar ke depannya, bisa berbena diri dalam hal ingin terus meningkatkan prestasi-prestasi para pelajar maupun sekolah ini sendiri, baik itu ditingkat provinsi, nasional, bahkan hingga tingkat internasional,” tandasnya.

Sumber: http://ajatapparengnews.com edisi Senin, 08 April 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s